Kategori

Rabu, 30 Januari 2013

Software Alquran dan Terjemahnya

Tatkala kita membuat makalah atau menyusun bahan untuk ceramah, seringkali kita membutuhkan software yang menampilkan ayat-ayar Alquran berikut terjemahnya. Software demikian cukup banyak, dan di antaranya yang paling saya sukai adalah Winquran dan Zekr.

Winquran merupakan produk lama, menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 3, tapi masih bisa dijalankan di Win XP maupun Win7. Aslinya program ini berisi terjemahan Alquran dalam 3 bahasa (Indonesia Standar, Indonesia Depag, dan Inggris). Tampilan terjemahan Indonesia Depag (surat 59 ayat 14) seperti ini:

Winquran asli

sedangkan terjemahan Indonesia Standar seperti ini:

Winquran 2

Tapi, karena terdorong kebutuhan saat itu, saya mengganti pilihan “Indonesia Standar” menjadi “Teks Ayat Al-Qur’an”, seperti ini:

Winquran 3

Programnya ringan, dan bagian-bagian utamanya sangat mudah diakses dengan keyboard, tidak harus menggunakan mouse. Teks ayat maupun terjemahnya bisa dikopi ke clipboard lalu di-paste ke notepad atau ms office word. Program ini bisa dipakai pula untuk mencari kata-kata di dalam Alquran. Misalnya mencari kata quluub, hasilnya seperti ini:

winquran search

Untuk sekedar mencari ayat dan terjemahnya, program ini yang paling saya sukai. Selain ini, program The Zekr juga sangat bagus, dengan tampilan yang lebih cantik, memiliki kemampuan untuk penambahan teks terjemahan dari berbagai bahasa, ayat bisa ditampilkan dalam Rasm ‘Uthmani, dan bahkan program ini bisa memutar audio bacaan Quran oleh syekh-syekh ternama. Tampilannya seperti ini.

zekr

Sekian dulu. Pada kesempatan lain saya akan me-review beberapa software kamus (Arab-Indonesia-Inggris) yang paling saya sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar